Selamat Malam bagi anda teman-teman di madrasah yang membutuhkan contoh Indikator pencapaian visi misi madrasah, berikut kami sajikan contoh Pencapaian Visi Misi Madrasah
NAMA MADRASAH : MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 PANDEGLANG
VISI : “Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Bersikap, Berlandaskan Iman dan Taqwa”.
Indikator ketercapaian Visi :
1. Indikator ketercapaian visi “Unggul Dalam Prestasi” bagi Madrasah
- Dapat Mengikuti dan mendapatkan peringkat dalam kegiatan lomba-lomba madrasah (Madrasah Sehat, Madrasah Adiwiyata)
- Pengelolaan Keuangan yang transparan dan Akuntabel
- Mewujudkan madrasah populis (digital, research,
- Pelayanan prima bagi seluruh komponen madrasah termasuk masyarakat
- dapat mengikuti setiap kompetisi/olimpiade yang dapat mengangkat nama madrasah baik lokal, regional, nasional bahkan internasional
- Tersusun program madrasah tepat waktu (terdokumentasikan, tersosialisasikan dan pengesahan
- Tersusun struktur dan personalia organisasi madrasah yang efektif dan profuktif
- Terselenggaranya Penilaian Kinerja PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) tepat waktu
- Terselenggaranya Laporan Keuangan Madrasah Tepat Waktu
- Pengembangan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan (4)
2. Indikator Ketercapaian Visi “Unggul Dalam Prestasi” bagi Guru dan Tenaga Kependidikan
- Dapat mengimplementasikan Kompetensi Inti dalam proses pembelajaran
- Ikut serta dan memperoleh peringkat dalam even lomba Guru dan Tenaga Kependidikan (Guru Berprestasi, Anugerah Konstitusi, Operator Terbaik, Laporan Keuangan Terbaik, dsb.)
- Memiliki keinginan kuat mengembangkan ilmu dalam jurusannya
- Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus
- Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.
- Melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
- Dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi
- Melakukan bimbingan gemar membaca dan belajar dari berbagai sumber
3. Indikator Ketercapaian Visi “Unggul Dalam Prestasi” bagi Siswa
- Ikut serta dan memperoleh peringkat dalam even lomba (KSM, KSN, Syiar Madrasah, MYRES (Madrasah Young Researcher Camp), FLSN, Aksioma, dsb.)
- Memiliki daya saing tinggi dalam seleksi Masuk PTN di Indonesia dan luar negeri
- Mampu hafal Al-Qur’an minimal Juz 30
- Fasih membaca Al-Qur’an
- Siswa dimudahkan dan didukung oleh madrasah dlm mengikuti ajang kompetisi/olimpiade yang dikehendaki
- Memiliki wawasan kebangsaan dan lingkungan
- Memiliki pengetahuan keagamaan yang baik minimal sesuai dengan target kurikulum
- Dapat mempraktekkan shalat, zakat dan puasa dengan baik
- Memperoleh nilai baik pada setiap mata pelajaran
- Bersikap efisien dan efektif dalam melaksanakan tugas
- Gemar membaca
- Dapat berbicara di depan umum
- Terampil mengeksplorasi kemampuan bahasa dalam bentuk lisan atau tulisan
- Terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
- Dapat memahami bacaan dan berbicara dalam bahasa Arab dan Bahasa inggris pada tema-tema sederhana
- Rasional dalam berbicara dan bertindak
- Terampil memanfaatkan metode problem solving
- Cakap berfikir kritis, peduli, kreatif, dan inovatif
4. Indikator Ketercapaian Visi “Santun Dalam Bersikap” bagi Madrasah
- Adanya layanan tamu yang baik, R Tamu dll
- Madrasah dan lulusannya dikenal santun dan keramahtamahannya
- Slogan spanduk motivasi keagamaan
- Lingkungan Madrasah yang nyaman bersih dan sehat
5. Indikator Ketercapaian Visi “Santun Dalam Bersikap” bagi Guru dan Tenaga Kependidikan
- 5 S (salam senyum sopan santun)
- Berpakaian Agamis
- Berprilaku Akhlakul Kraimah
- Bertutur kata
- Berpakaian sesuai aturan madrasah
6. Indikator Ketercapaian Visi “Santun Dalam Bersikap” bagi Siswa
- Tanamkan 5 S
- Berpakian sopan
- Berprilaku Akhlakul Kraimah
7. Indikator Ketercapaian Visi “Iman dan Taqwa” bagi Madrasah
– Adanya Sarana Keagamaan Mushola
– Adanya penenda waktu-waktu ibadah
– Adanya aturan terkait himbauan untuk mencapai iman dan taqwa
– Menjadi teladan pelaksanaan keagamaan bagi komunitas madrasah
– Tidak putus asa dalam menghadapi masalah : tawakkal
8. Indikator Ketercapaian Visi “Iman dan Taqwa” bagi Guru dan tenaga Kependidikan
- Melaksanakan ibadah wajib maupun sunah;
- Manjadi tauladan dalam Shlat berjamaah dan membimbing siswa;
- Menebarkan prilaku agamis di lingkungan madeasah;
- Melakukan pembimbingan pelaksanaan keagamaan bagi siswa madrasah;
- Tidak putus asa dalam menghadapi masalah : tawakkal;
- Bersikap sesuai dengan ajaran Islam;
- Berperilaku yang mencerminkan ketakwaan;
- Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi;
- Menunjukkan kebanggaan menjadi guru dan percaya pada diri sendiri;
- Memiliki integritas kepribadian sebagai guru;
- Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil;
- Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa;
9. Indikator Ketercapaian Visi “Iman dan Taqwa” bagi Siswa
- Bertindak dan bersikap Islami;
- Melaksanakan ibadah wajib maupun sunah;
- Shalat berjamaah ketika waktu sholat tiba;
- Menebarkan prilaku agamis di lingkungan madrasah;
- Bisa menjadi imam Sholat maupun mimpin doa;
- Bias memimpin tawasul atau dzikir;
- Memelihara amanah dan menepati janji;
- Menyukai kebersihan;
- Selalu menunjukkan sikap jujur;
- Gemar Menafkahkan sebagaian rizki;
- Tidak putus asa dalam menghadapi masalah : tawakkal;
- Bersyukur atas setiap nikmat yang diberikan Tuhan;
- Senang menolong orang lain;
- Mengucapkan doa setiap memulai dan mengakhiri suatu tugas;
- Terbiasa melakukan puasa sunnah;
- Terbiasa melakukan tadarrus sebelum belajar;
- Disiplin dalam melaksanakan tugas;
- Menolak setiap ajakan untuk melakukan perbuatan tercela;
- Terjaga dari perkataan yang tidak bermanfa’at;
- Menyesal setiap membuat kesalahan dan segera mohon ampun kepada Tuhan, serta tidak mengulanginya.