Contoh Indikator Pencapaian Visi Misi Madrasah Bagi Guru dan Siswa

Diposting pada

Selamat Malam bagi anda teman-teman di madrasah yang membutuhkan contoh Indikator pencapaian visi misi madrasah, berikut kami sajikan contoh Pencapaian Visi Misi Madrasah

NAMA MADRASAH : MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 PANDEGLANG
VISI : “Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Bersikap, Berlandaskan Iman dan Taqwa”.
Indikator ketercapaian Visi :

1. Indikator ketercapaian visi “Unggul Dalam Prestasi” bagi Madrasah

  • Dapat Mengikuti dan mendapatkan peringkat dalam kegiatan lomba-lomba madrasah (Madrasah Sehat, Madrasah Adiwiyata)
  • Pengelolaan Keuangan yang transparan dan Akuntabel
  • Mewujudkan madrasah populis (digital, research,
  • Pelayanan prima bagi seluruh komponen madrasah termasuk masyarakat
  • dapat mengikuti setiap kompetisi/olimpiade yang dapat mengangkat nama madrasah baik lokal, regional, nasional bahkan internasional
  • Tersusun program madrasah tepat waktu (terdokumentasikan, tersosialisasikan dan pengesahan
  • Tersusun struktur dan personalia organisasi madrasah yang efektif dan profuktif
  • Terselenggaranya Penilaian Kinerja PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) tepat waktu
  • Terselenggaranya Laporan Keuangan Madrasah Tepat Waktu
  • Pengembangan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan (4)

2. Indikator Ketercapaian Visi “Unggul Dalam Prestasi” bagi Guru dan Tenaga Kependidikan

  • Dapat mengimplementasikan Kompetensi Inti dalam proses pembelajaran
  • Ikut serta dan memperoleh peringkat dalam even lomba Guru dan Tenaga Kependidikan (Guru Berprestasi, Anugerah Konstitusi, Operator Terbaik, Laporan Keuangan Terbaik, dsb.)
  • Memiliki keinginan kuat mengembangkan ilmu dalam jurusannya
  • Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
  • Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus
  • Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.
  • Melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
  • Dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi
  • Melakukan bimbingan gemar membaca dan belajar dari berbagai sumber

3. Indikator Ketercapaian Visi “Unggul Dalam Prestasi” bagi Siswa

  • Ikut serta dan memperoleh peringkat dalam even lomba (KSM, KSN, Syiar Madrasah, MYRES (Madrasah Young Researcher Camp), FLSN, Aksioma, dsb.)
  • Memiliki daya saing tinggi dalam seleksi Masuk PTN di Indonesia dan luar negeri
  • Mampu hafal Al-Qur’an minimal Juz 30
  • Fasih membaca Al-Qur’an
  • Siswa dimudahkan dan didukung oleh madrasah dlm mengikuti ajang kompetisi/olimpiade yang dikehendaki
  • Memiliki wawasan kebangsaan dan lingkungan
  • Memiliki pengetahuan keagamaan yang baik minimal sesuai dengan target kurikulum
  • Dapat mempraktekkan shalat, zakat dan puasa dengan baik
  • Memperoleh nilai baik pada setiap mata pelajaran
  • Bersikap efisien dan efektif dalam melaksanakan tugas
  • Gemar membaca
  • Dapat berbicara di depan umum
  • Terampil mengeksplorasi kemampuan bahasa dalam bentuk lisan atau tulisan
  • Terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
  • Dapat memahami bacaan dan berbicara dalam bahasa Arab dan Bahasa inggris pada tema-tema sederhana
  • Rasional dalam berbicara dan bertindak
  • Terampil memanfaatkan metode problem solving
  • Cakap berfikir kritis, peduli, kreatif, dan inovatif

4. Indikator Ketercapaian Visi “Santun Dalam Bersikap” bagi Madrasah

  • Adanya layanan tamu yang baik, R Tamu dll
  • Madrasah dan lulusannya dikenal santun dan keramahtamahannya
  • Slogan spanduk motivasi keagamaan
  • Lingkungan Madrasah yang nyaman bersih dan sehat

5. Indikator Ketercapaian Visi “Santun Dalam Bersikap” bagi Guru dan Tenaga Kependidikan

  • 5 S (salam senyum sopan santun)
  • Berpakaian Agamis
  • Berprilaku Akhlakul Kraimah
  • Bertutur kata
  • Berpakaian sesuai aturan madrasah

6. Indikator Ketercapaian Visi “Santun Dalam Bersikap” bagi Siswa

  • Tanamkan 5 S
  • Berpakian sopan
  • Berprilaku Akhlakul Kraimah

7. Indikator Ketercapaian Visi “Iman dan Taqwa” bagi Madrasah
– Adanya Sarana Keagamaan Mushola
– Adanya penenda waktu-waktu ibadah
– Adanya aturan terkait himbauan untuk mencapai iman dan taqwa
– Menjadi teladan pelaksanaan keagamaan bagi komunitas madrasah
– Tidak putus asa dalam menghadapi masalah : tawakkal
8. Indikator Ketercapaian Visi “Iman dan Taqwa” bagi Guru dan tenaga Kependidikan

  • Melaksanakan ibadah wajib maupun sunah;
  • Manjadi tauladan dalam Shlat berjamaah dan membimbing siswa;
  • Menebarkan prilaku agamis di lingkungan madeasah;
  • Melakukan pembimbingan pelaksanaan keagamaan bagi siswa madrasah;
  • Tidak putus asa dalam menghadapi masalah : tawakkal;
  • Bersikap sesuai dengan ajaran Islam;
  • Berperilaku yang mencerminkan ketakwaan;
  • Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi;
  • Menunjukkan kebanggaan menjadi guru dan percaya pada diri sendiri;
  • Memiliki integritas kepribadian sebagai guru;
  • Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil;
  • Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa;

9. Indikator Ketercapaian Visi “Iman dan Taqwa” bagi Siswa

  • Bertindak dan bersikap Islami;
  • Melaksanakan ibadah wajib maupun sunah;
  • Shalat berjamaah ketika waktu sholat tiba;
  •  Menebarkan prilaku agamis di lingkungan madrasah;
  • Bisa menjadi imam Sholat maupun mimpin doa;
  • Bias memimpin tawasul atau dzikir;
  • Memelihara amanah dan menepati janji;
  • Menyukai kebersihan;
  • Selalu menunjukkan sikap jujur;
  • Gemar Menafkahkan sebagaian rizki;
  • Tidak putus asa dalam menghadapi masalah : tawakkal;
  • Bersyukur atas setiap nikmat yang diberikan Tuhan;
  • Senang menolong orang lain;
  • Mengucapkan doa setiap memulai dan mengakhiri suatu tugas;
  • Terbiasa melakukan puasa sunnah;
  • Terbiasa melakukan tadarrus sebelum belajar;
  • Disiplin dalam melaksanakan tugas;
  • Menolak setiap ajakan untuk melakukan perbuatan tercela;
  • Terjaga dari perkataan yang tidak bermanfa’at;
  • Menyesal setiap membuat kesalahan dan segera mohon ampun kepada Tuhan, serta tidak mengulanginya.